Alasan Mengapa Jerawat Muncul Saat Haid Akan Datang, Ketahui Cirinya!

Lintasberita.net, Health - Masa-masa nyeri haid hari pertama (kram), dan gelisah pasti terjadi sebelum atau saat haid datang, tidak terkecuali sebagian dari kita juga mengalami jerawat. Faktanya, 65 persen mengalami pertumbuhan jerawat lebih parah pada masa haid.

Inilah yang perlu diketahui tentang mengelola dan mengobati jerawat yang berhubungan dengan periode haid. Pertama, ketahui apa yang Anda hadapi. Sebelum berperang, selalu yang terbaik untuk mengetahui siapa lawan Anda. Dalam kasus jerawat periode, ini berarti mengetahui bagaimana membedakan keluarnya hormon dari yang biasa.

Cara mengatasi dismenore termudah untuk mengenali ini adalah dengan melihat waktu munculnya jerawat. Jerawat yang terkait dengan periode lebih cenderung untuk menyala selama minggu menjelang periode Anda atau selama periode Anda. Ditambah, itu cenderung membaik atau membaik ketika periode Anda akan berakhir.

Sudah berjerawat sebelum nyeri haid hari pertama datang? Anda mungkin akan menyadari bahwa hal itu menjadi lebih buruk semakin mendekati hari haid. Jika Anda cenderung memiliki kulit jernih, Anda mungkin melihat jerawat atau dua muncul. Mengapa itu muncul sebelum haid Anda? Hormone adalah penyebabnya.

Hormon Anda berfluktuasi sepanjang siklus menstruasi Anda. Tepat sebelum menstruasi dimulai, kadar progesteron turun dan kadar estrogen meningkat. Ini dapat memicu kelenjar sebaceous Anda untuk mengeluarkan lebih banyak sebum, suatu zat berminyak yang melumasi kulit Anda. Terlalu banyak dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Hormon juga dapat meningkatkan peradangan kulit dan produksi bakteri penyebab jerawat. Fluktuasi hormon ini sesaat sebelum haid Anda mungkin juga bertanggung jawab untuk hal-hal periode menyenangkan lainnya, termasuk kemurungan, payudara sakit, dan kelakuan aneh (alias PMS). PMS juga dikaitkan dengan peningkatan stres, yang mungkin juga memperburuk jerawat.

Tidak seperti gejala PMS lainnya, jerawat yang berhubungan dengan menstruasi tidak selalu hilang begitu menstruasi Anda mulai. Anda dapat menyalahkan hormon Anda untuk hal ini. Testosteron, hormon pria yang kita semua miliki dalam tubuh kita terlepas dari jenis kelamin sejak lahir, memengaruhi kita secara berbeda tergantung pada kadar hormon kita yang lain. Ketika kadar estrogen Anda turun dan progesteron naik menjelang akhir haid, testosteron juga dapat memicu sensitivitas kelenjar sebaceous. Alhasil, lebih banyak sebum dan pori-pori yang tersumbat.

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments