PTPN VIII Kebun Cianten Sambut Baik Si MoBa

Lintasberita.net, Bogor -Sebagai salah satu rangkaian perjalanan memperkenalkan literasi kepada masyarakat di 22 titik wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, pada Senin (16/12) Si MoBa (Si Mobil Baca) sowan ke Madrasah Diniyah (MD), PTPN VIII Kebun Cianten, Purasari, Bogor, Jawa Barat.

MD PTPN VIII Kebun Cianten menjadi sekolah pertama yang dikunjungi Si MoBa, dalam peresmiannya kepala daerah cianten, RT, RW, ikatan keluarga besar ibu cianten, dan Badan Pengawas Daerah (BPD) hadir memberikan dukungan agar program ini berjalan dengan baik. Sebanyak 214 siswa dari SDN 1 Cianten turut berkumpul mengikuti rangkaian kegiatan menarik yang ditawarkan Si MoBa seperti mendongeng, membaca cepat, dan membuat kerajinan tangan.

“Kami sangat bersyukur Si MoBa menyambangi PTPN VIII Kebun Cianten, sebab di daerah kami akses terhadap buku berkualitas sulit didapatkan. Kedatangan Si MoBa menjadi oase di tengah padang yang kering,” kata Dadi, Badan Pengawas Daerah (BPS).

Keterbatasan masyarakat dalam menjangkau serta mendapatkan aksesibilitas terhadap perpustakaan
menjadi salah satu alasan Si MoBa beroperasi. “Hadirnya Si MoBa kami yakini dapat menjadi sarana pendidikan yang menyenangkan bagi masyarakat dengan menyediakan ragam wahana edukasi serta
rekreasi berbasis literasi. Salah satu kelebihan Si MoBa ialah kami juga memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk meningkatkan kemampuan diri mereka sehingga berdayaguna,” terang Iqbal, Penanggungjawab Si MoBa.

Si MoBa digadang-gadang dapat memberikan dampak berkesinambungan (multiplier effect) karena
memberikan alternatif terhadap solusi peningkatan kualitas literasi di masyarakat. “Saat ini Si MoBa
menjangkau masyarakat di titik yang berdekatan dengan Taman Baca Masyarakat (TBM) dan sekolah pendampingan perpustakaan Gemari Baca Dompet Dhuafa Pendidikan,” kata Iqbal.

Bentuk program Si MoBa akan ditekankan pada aktivasi perpustakaan keliling, program kemasyarakatan, pengembangan jaringan ke pemangku kebijakan, monitoring serta evaluasi, dan fase penguatan program menuju proses keberlanjutan secara mandiri. (AR).

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments