Pasang Iklan Anda Disini

Inilah Profil lengkap Ustaz Abdul Somad

Lintasberita.net, Riau - Ustaz Abdul Somad atau yang lebih dikenal dengan UAS yang saat ini dilirik Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto Djojohadikusumo dan juga menjadi rekomendasi ulama dan tokoh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF)mengusung Prabowo dan Abdul Somad sebagai pasangan capres-cawapres.

Namun, Abdul Somad menuturkan bahwa dirinya enggan menjadi cawapres. Hal itu diungkapkannya dalam akun instagram resminya di @ustadzabdulsomad.

Berikut akan kami paparkan pofil dan pendidikan lengkap UStad Abdul Somad seperti dilansir Merdeka.com beberapa saat yang lalu

1. Pendidikan sekolah

Ustaz Abdul Somad sudah dididik dengan ajaran Islam sejak masuk Sekolah Dasar (SD). Sejak dari bangku SD dirinya dididik melalui sekolah yang berbasis pada Tahfiz Alquran. Tamat dari SD Al-Washliyah Medan tahun 1990, dia melanjutkan pendidikannya ke MTS Muallimin al-Washliyah Medan.

Setelah tamat tahun 1993, dia melanjutkan pendidikan ke Pesantren Darularafah Deliserdang Sumatera Utara selama satu tahun. Lalu tahun 1994, dia pindah ke Riau untuk melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu dan menyelesaikannya di tahun 1996. Tahun 19961998 ia kuliah di UIN SUSKA Riau.

2. Belajar di Mesir

Tak hanya sekolah di Indonesia, Ustadz Abdul Somad juga menuntut ilmu hingga ke Kairo Mesir dan Maroko. Tahun 1998, dia merupakan salah satu dari 100 orang yang menerima beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Mesir untuk orang indonesia belajar di Universitas Al-Azhar mengalahkan 900-an orang lainnya yang mengikuti tes untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Abdul Somad mendapatkan gelar Lc-nya dalam waktu tiga tahun 10 bulan.

Kemudian pada tahun 2004, kerajaan Maroko menyediakan 15 beasiswa bagi pendidikan S2 di Institut Dar Al-Hadis Al-Hassania yang setiap tahunnya hanya menerima 20 orang murid dengan rincian 15 orang Maroko dan lima orang untuk asing. Abdul Somad pun terpilih untuk masuk dalam kuota penerimaan 5 orang asing tersebut melalui jalur beasiswa S2 yang diselesaikannya dalam waktu satu tahun 11 bulan.

3. Menelurkan banyak buku

Ustaz Abdul Somad telah membuat beberapa buku yang menjadi best seller di kalangan ummat Islam, di antaranya: 37 Masalah Populer, 99 Pertanyaan Seputar Sholat, 33 Tanya Jawab Seputar Qurban.

Buku "37 Masalah Populer" tentang masalah-masalah seperti memahami bidah, beramal dengan hadits dhaif, isbal, zikir jahr setelah salat, peringatan Maulid Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam, dan perkara khilafiyah. Buku 99 Pertanyaan Seputar Sholat berisi tentang tanya jawab seputar salat, dan 33 Tanya Jawab Seputar Qurban berisi tentang tanya jawab yang memberi pengetahuan penting bagi penyelenggaraan ibadah qurban.

4. Sebagai dosen di berbagai universitas

Pasca lulus dari Maroko, Ustaz Abdul Somad hingga saat ini aktif mengabdikan diri ke berbagai lembaga sebagai berikut: Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.

Dan untuk saat ini, Ustaz Abdul Somad bertugas sebagai dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.

5. Ikut organisasi NU dan MUI

Tak hanya sebagai dosen, Ustaz Abdul Somad juga mengabdikan dirinya menjadi Anggota MUI Provinsi Riau. Di MUI, Ustaz Somad pernah menjabat di Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode 2009-2014.

Pernah juga aktif sebagai Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan Periode 2009-2014. Selain MUI, Ustaz Somad juga sebagai Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama Provinsi Riau Periode 2009-2014.
Iklan Anda Have you ever dreamed to live in Vanuatu? Well, your dreams may come true! Visit the site https://vrp-mena.com/lang/index.php to learn how it is possible. Musical Source provides the most up-to-date information on synthesizers for sale at Amazon in the UK. For more details visit this site: https://www.musicalsource.co.uk/synthesizers.php

Artikel Menarik Lainnya :

Loading...

Disqus Comments
© 2017 lintas berita - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger