5 Manfaat Konsumsi Makanan Fermentasi

Lintasberita.net, Health - Fermentasi dalam pemrosesan bahan pangan adalah pengubahan karbohidrat menjadi alkohol dan karbon dioksida atau asam amino organik menggunakan ragi, bakteri, fungi atau kombinasi dari ketiganya di bawah kondisi anaerobik. Perilaku mikroorganisme terhadap makanan dapat menghasilkan dampak positif maupun negatif, dan fermentasi makanan biasanya mengacu pada dampak positifnya (wikipedia). Melalui proses tersebut selain bisa membantu meningkatkan pengawetan makanan, juga memperbanyak jumlah bakteri baik di usus.

Beberapa jenis makanan dan minuman hasil fermentasi yang banyak digemari adalah tempe, yoghurt hingga kimchi.

Berikut sejumlah manfaat dari mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi yang baik untuk kesehatan tubuh yang dilansir JPNN.com di antaranya:

1. Merangsang pertumbuhan bakteri baik.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang telah melalui proses fermentasi akan menguntungkan sistem pencernaan Anda.

Probiotik telah terbukti menjaga kesehatan usus, membantu proses pencernaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Pasalnya, ketidakseimbangan bakteri dalam usus bisa menyebabkan intoleransi laktosa, intoleransi gluten, infeksi jamur, alergi, bahkan asma.

2. Menyerap nutrisi makanan lebih baik.

Makanan berfermentasi bisa menjaga keseimbangan bakteri di usus dengan tepat dan membuat enzim pencernaan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Memadukan hal tersebut dengan diet makanan sehat akan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

3. Membuang racun dalam tubuh.

Makanan dan minuman fermentasi adalah sumber nutrisi yang baik untuk membantu proses detoksifikasi. Kandungan asam dan bakteri dalam pangan fermentasi ampuh untuk meluluhkan berbagai jenis racun dan logam berat dalam tubuh seperti merkuri dan aluminium.

4. Mendukung kekebalan tubuh.

Beberapa ahli menganggap usus sebagai organ yang bepengaruh terhadap sistem kekebalan di seluruh tubuh. Peradangan kronis yang terkait dengan penyakit seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes dapat dimulai dari bakteri pada usus.

5. Melawan kanker prostat dan hipertensi.

Makanan fermentasi kaya akan vitamin K2. Sejumlah hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan Vitamin K2 bisa mengurangi risiko kanker prostat.

Selain itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Opinion on Lipidology pada 2006 mengungkap susu yang telah melalui tahap fermentasi bisa menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi.

Mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang sudah melewati proses fermentasi ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Meski begitu, tetap perhatian jumlah atau takaran mengonsumsi setiap harinya. (LBR/jpnn)
loading...

Berita Terkait:

Info Lainnya:

loading...
Disqus Comments
© 2017 lintas berita - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger