Iklan Anda

OJK luncurkan strategi perlindungan konsumen keuangan (SPKK) 2013-2027

Lintasberita.net, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad mengatakan, peningkatan aspek perlindungan keuangan dapat mendorong tingkat inklusi dan literasi keuangan. Tingkat literasi keuangan Indonesia sebesar 29,66 persen per 2016. Angka ini meningkat dari 21,8 persen di 2013.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi meluncurkan Strategi Perlindungan Konsumen Keuangan (SPKK) 2013-2027. Kebijakan ini untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang cerdas keuangan, memperkecil gini ratio dengan memudahkan masyarakat pelosok mengakses jasa keuangan yang berizin. seperti dilansir Merdeka.com

OJK sendiri menargetkan indeks inklusi keuangan bisa mencapai 75 persen di 2019. Harapannya, dengan semakin banyak masyarakat melek layanan keuangan, bisa meningkatkan kesejahteraan.

"Peningkatan aspek perlindungan keuangan salah satunya dapat mendorong tingkat inklusi keuangan," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (18/5).

Dalam strategi ini, OJK membagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama yaitu 2013-2017 adalah tahap pembangunan, tahap kedua 2018-2022 fokus pada pengembangan, dan tahap ketiga atau terakhir 2023-2027 fokus pada akselerasi.

Muliaman melanjutkan, dalam 3 tahun terakhir, sudah banyak hal dilakukan OJK dalam menggenjot perlindungan konsumen. Beberapa di antaranya ialah penyediaan layanan terintegrasi di 35 kantor OJK yang disebut layanan keuangan trackable dan traceable.

Selain itu juga dibangun badan penyelesaian sengketa, penerbitan regulasi perlindungan konsumen, dan sinergi dengan beberapa kementerian. "Pengawasan praktik-praktik jasa keuangan yang ada di pasar juga dilakukan secara bertahap dan tematik," tuturnya.

"Aturan ini mengacu pada 4 pilar yakni infrastruktur, regulasi perlindungan konsumen, pengawasan market conduct, dan edukasi dan komunikasi."
Iklan Anda Have you ever dreamed to live in Vanuatu? Well, your dreams may come true! Visit the site https://vrp-mena.com/lang/index.php to learn how it is possible. Musical Source provides the most up-to-date information on synthesizers for sale at Amazon in the UK. For more details visit this site: https://www.musicalsource.co.uk/synthesizers.php

Artikel Menarik Lainnya :

Loading...

Disqus Comments
© 2017 lintas berita - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger