Iklan Anda

Bus Tingkat Jarak Jauh PO Putra Mulya

Putra Mulya
Ilustrasi Bus Tingkat Jarak Jauh
Lintasberita.net, Solo -  Perusahaan bus di Wonogiri, Jawa Tengah, PO Putra Mulya, meluncurkan bus tingkat untuk alat transportasi umum jarak jauh menjelajah kota di Pulau Jawa, Kamis 22 Desember 2016.

Peluncuran bus itu mendapat sambutan dari ratusan penggemar bus, termasuk mereka tergabung dalam berbagai komunitas, Kamis.

Peluncuran bus double decker itu itu digelar di Terminal Ngadirojo, Wonogiri, dilanjutkan dengan konvoi menuju Taman Selogiri sejauh lebih kurang 20 kilometer.

Dua armada kendaraan itu disebut-sebut menjadi bus tingkat pertama yang melayani penumpang jarak jauh di Jawa. Selama ini, bus tingkat yang ada di beberapa kota hanya melayani perjalanan dalam kota.

Bus yang berkesan mewah itu menggunakan mesin dan sasis yang berasal dari pabrikan Swedia, Scania K4101B Opticruise. Sedangkan bagian bodi dikerjakan oleh karoseri Adiputra.

Bagian lantai bawah hanya bisa digunakan untuk enam penumpang. Fasilitas yang tersedia untuk keenam penumpang itu nyaris setara dengan pesawat kelas bisnis. Salah satunya, sebuah layar LCD tersedia di setiap kursi penumpang.

Sudut kemiringan kursi juga bisa diatur sedemikian rupa sehingga penumpang bisa memilih posisi yang nyaman. Seat Adjustable yang menggunakan sistem elektronik ini membuat fasilitas itu terasa mewah.

Penumpang bisa menyelonjorkan kaki dengan leluasa dengan leg rest. Jika ingin menikmati kopi hangat, sebuah alat coffe maker tersedia di bawah tangga.

Penumpang di lantai atas juga bisa menikmati kemewahan bus, meski tidak senyaman di deck bawah. Lantai atas memiliki kapasitas 38 penumpang. Sama seperti di bawah, setiap kursi dilengkapi dengan satu LCD untuk memutar film, musik maupun televisi.

Sebuah dispenser air mineral panas-dingin tersedia di pojok belakang. Bagi penumpang yang ingin merokok, ada smooking room yang bisa memuat dua orang.

Peluncuran bus baru itu mendapat sambutan dari para penggemar bus. Ratusan penggemar mengerumuni bus yang sedang terparkir. Kaos yang mereka gunakan kebanyakan bertema komunitas penggemar bus.
[ads-post]
Salah satu penggemar bus asal Malang, Tito Prima Wijaya, mengaku datang ke Wonogiri khusus untuk mendokumentasikan peluncuran bus itu.

"Untuk dibagikan melalui Youtube," katanya.

Menurutnya, peluncuran bus itu merupakan salah satu peristiwa yang cukup menarik.

"Menjadi bus tingkat pertama di Jawa yang melayani penumpang jarak jauh," katanya.

Pemilik PO Putra Mulya, Soegiyanto, mengatakan, pihaknya sengaja membeli bus itu untuk melayani penumpang kelas menengah ke atas. Harga tiket untuk perjalanan Wonogiri-Jakarta mencapai Rp 325 ribu untuk penumpang di lantai bawah.

"Untuk penumpang di lantai atas tiketnya Rp 225 ribu," katanya.

Harga tiket itu menurutnya sebanding dengan kemewahan yang tersedia di bus dengan sepuluh roda itu. Apalagi, dia juga telah menambahkan asesoris di bus tersebut. "Pakai telolet juga," katanya sembari tersenyum.
Source:Tempo
Iklan Anda Have you ever dreamed to live in Vanuatu? Well, your dreams may come true! Visit the site https://vrp-mena.com/lang/index.php to learn how it is possible. Musical Source provides the most up-to-date information on synthesizers for sale at Amazon in the UK. For more details visit this site: https://www.musicalsource.co.uk/synthesizers.php

Artikel Menarik Lainnya :

Loading...

Disqus Comments
© 2017 lintas berita - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger