Politik Uang Termasuk Pelanggaran Berat

Pilkada serentak yang telah dilaksanakan pada 9 Desember 2015 lalu masih menyisakan kekesalan dari berbagai tim sukses, dimana paslon yang mereka dukung kalah dalam pilkada tersebut.

Dari beberapa kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak, banyak ditemukan kecurangan - kecurangan yang jelas - jelas melanggar undang - undang Nomor 8 Tahun 2015.

Dalam Survei KPK di beberapa daerah menunjukkan 50% pemilih masih mempertimbangkan untuk menerima politik uang.


Setiap pelanggaran sebaiknya dilaporkan ke Panitia Pengawas Pemilu. Ini sebagai antisipasi, karena pelaksanaan Pemilukada sebagaimana diprediksi sejumlah pengamat akan marak dengan politik uang.

“Saya sudah arahkan agar setiap pelanggaran (Pemilu, red) diarahkan ke Panitia Pengawas Pemilu,” kata Nur Hidayat Sardini saat meninjau pelaksanaan pencoblosan di lokasi sejumlah TPS bersama Muspida Kota Semarang, Rabu (9/12)



Lanjut NHS, sapaan akrab Nur Hidayat Sardini, politik uang merupakan problem serius. Pasalnya akan mengganggu nilai konversi dari suara pemilih ke suara hasil  Pemilu. “Saya kira politik uang merupakan kejahatan berat. Kandidat yang terbukti melakukan ini akan dicoret setelah diproses pidana Pemilukada dan berkekuatan hukum tetap,”  katanya. seperti dilansir Dkpp.go.id


Dia menambahkan, sanksi berat juga menant penyelenggara Pemilu bila ada yang terlibat politik uang. Hukumannya akan ditambah satu per tiga dari sanksi yang ada. “Saya minta kepada Panwaslu selain diajukan ke pidana Pemilu, juga dilaporkan ke DKPP sebagai pelanggaran kode etik karena masalah ini masuk sebagai vote manipulation,” tutupnya. 
Iklan Anda Have you ever dreamed to live in Vanuatu? Well, your dreams may come true! Visit the site https://vrp-mena.com/lang/index.php to learn how it is possible. Musical Source provides the most up-to-date information on synthesizers for sale at Amazon in the UK. For more details visit this site: https://www.musicalsource.co.uk/synthesizers.php

Artikel Menarik Lainnya :

Loading...

Disqus Comments
© 2017 lintas berita - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger