Lukman Edy Minta Pemerintah Ajukan Revisi UU Pilkada

Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy meminta pemerintah agar segera mengusulkan revisi Undang-undang No8/2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Ini dipicu rendahnya partisipasi pemilih. “Kami minta segera ajukan revisi, paling tidak bulan Januari, sehingga bisa merevisi dan tahapan persiapan pilkada 2017 bisa dilaksanakan.

Hal ini  berdasarkan pantauan dan laporan yang ia terima, ada beberapa aturan di UU tersebut menjadi penyebab rendahnya animo masyarakat dalam Pilkada. Salah satunya aturan tentang kampanye.


Politikus PKB itu menyebutkan, revisi UU salah satu solusi yang bisa ditempuh untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Karena Tingkat partisipasi masyarakat rendah. Kampanye melalui alat peraga dikembalikan kepada calon, bukan lagi diatur kepada KPU,” ujar politikus yang akrab disapa LE itu.


Edy juga menambahkan, seharusnya syarat untuk menjadi pasangan calon yang berasal dari anggota DPR RI, PNS, TNI yang dalam aturan harus mundur, harus diubah, tidak perlu mundur supaya calon banyak dan masyarakat bergairah,” pungkasnya

Anggota Komisi II dari Fraksi PAN, Yandri Susanto. Sebab, selain rendahnya partisipasi publik, banyak pasang calon yang mengeluhkan keberadaan UU Pilkada yang terkesan membatasi sosialiasi secara masif.



Banyak keluhan pasangan calon tentang undang-undang Pilkada, seolah menyandera untuk tidak sosialisasi masif dan alat kampanye dibatasi. Ini perlu dievaluasi supaya Pilkada Serentak 2017 partisipasi lebih tinggi. Kalau peraturan itu menghambat segera revisi UU dan seluruh peraturan KPU, seperti dilansir Riaupos.co

Baca juga : Sungai Batang Lubuh Kembali Meluap

Komisi II DPR  RI juga akan memanggil Bawaslu dan KPU untuk memberikan laporan dan penjelasan tentang apa yang menjadi penyebab rendahnya partisipasi pemilih. Karena di sejumlah daerah ada yang jumlah Golput justru lebih tinggi dibanding masyarakat yang menggunakan hak pilih.
Iklan Anda Have you ever dreamed to live in Vanuatu? Well, your dreams may come true! Visit the site https://vrp-mena.com/lang/index.php to learn how it is possible. Musical Source provides the most up-to-date information on synthesizers for sale at Amazon in the UK. For more details visit this site: https://www.musicalsource.co.uk/synthesizers.php

Artikel Menarik Lainnya :

Loading...

Disqus Comments
© 2017 lintas berita - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger