Jangan Euforia Dengan Hasil Perhitungan Formulir Model C1

Pilkada serentak yang telah dilaksanakan di 264 Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Indonesia, memunculkan berbagai fenomena dan kecurangan yang mencoreng pelaksanan pilkada. Salah satunya aksi politik uang atau money politic yang mencuat di beberapa daerah. Bahkan, ada beberapa di antaranya tertangkap tangan.

Praktek politik uang dalam pilkada ini diperkirakan banyak dilakukan. Dalam Survei KPK di beberapa daerah menunjukkan 50% pemilih masih mempertimbangkan untuk menerima politik uang.

Paslon yang hasil perhitungan formulir Model C1 atau penghitungan sementara suara sudah dinyatakan menang, jangan bereforia dulu atas kemenangannya karena masih ada celah atau penyebab yang bisa menggugurkan perolehan suara dan statusnya sebagai pemenang pilkada.


Menurut Direktur Perludem Titi Anggraini mengatakan kampanye dengan membagi-bagikan uang tidak mendidik dan justru melegalkan praktek korupsi.

“Jauh dari esensi dari nilai kampanye tidak ada nilai mendidik sama sekali itu, kalau misalnya ada bagi uang saja, itu sama saja dengan legalisasi praktek korupsi, dalam korupsi kan jelas yang memberi dan menerima sama-sama dapat dikenakan sanksi pidana,” jelas dia. seperti dilansir Bbc.com

Dalam UU No.8/2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah Pilkada, tidak ada aturan pemberian sanksi pidana bagi para pelaku politik uang, dan hanya mengatur sanksi diskualifikasi kepesertaan untuk partai politik parpol ataupun calon Kepala Daerah.





Titi menambahkan tidak adanya sanksi pidana untuk praktik politik uang dalam UU Pilkada ini, tetapi ada ketentuan pembatalan calon kepala daerah jika terbukti di pengadilan melakukan tindakan itu.


“Jadi ini anomali nih, dilarang ada ketentuan sanksi dapat dibatalkan pencalonannya jika terbukti di pengadilan, tetapi tidak ada sanksi pidana dalam UU Pilkada, “ jelas Titi.

Iklan Anda Have you ever dreamed to live in Vanuatu? Well, your dreams may come true! Visit the site https://vrp-mena.com/lang/index.php to learn how it is possible. Musical Source provides the most up-to-date information on synthesizers for sale at Amazon in the UK. For more details visit this site: https://www.musicalsource.co.uk/synthesizers.php

Artikel Menarik Lainnya :

Loading...

Disqus Comments
© 2017 lintas berita - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger