Tumbuh Jamur di Bibir Miss V Akibat Sering Pakai Celana Ketat


Perempuan sebaiknya menghindari memakai celana ketat, penggunaan celana ketat dapat menyebabkan vulvovaginitis atau vulvovagina kandidiasis.vulvovaginitis merupakan infeksi dan peradangan yang terjadi di vulva (bibir Miss V).
Vulvovaginitis dapat terjadi akibat infeksi dari jamur kandida yang menyerang bibir Miss V. Vulvovaginitis tersebut bisa terjadi dan dialami perempuan dengan segala usia, faktor utamanya disebabkan jamur, kegemukan, pemakaian celana ketat, kencing manis (diabetes), atau daerah vagina yang selalu lembap.

Ketika perempuan akan haid atau saat premenstrual syndrome (PMS) bisa terinfeksi jamur kandida, dan akhirnya mengalami vulvovagina kandidiasi. Begitu pula ketika perempuan sedang hamil, penyakit tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon saat mengandung



Namun vulvovagina kandidiasi bisa juga terjadi akibat penggunaan alat kontrasepsi, secara tidak langsung, hal tersebut bisa saja terjadi. Tak sekadar pengaruh pemakaian pil atau alat kontrasepsi, tetapi vulvovagina kandidiasi juga terjadi karena faktor hormonal.

Vulvovagina kandidiasis dapat tumbuh berlebihan saat perempuan hamil. Perubahan hormon karena hamil dan penggunaan alat kontrasepsi dapat memperparah pertumbuhan jamur.


Sebaiknya perempuan  menghindari pemakaian celana dalam yang tidak menyerap keringat. Hindari juga mengenakan celana ketat. Terpenting, selalu menjaga kebersihan organ intim, agar tidak mudah terinfeksi jamur

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments