Honorer dan Kontrak Satpol PP Bakal Dihapus !!

Pemerintah akan menghapus tenaga honorer dan kontrak Satpol PP mulai tahun depan, karena menurut pemerintah Satpol PP tidak pernah memiliki tenaga honorer mapupun tenaga kontrak. Jika sudah terlanjur menandatangani kontrak untuk Satpol PP maka kontraknya akan dipindahkan menjadi satlinmas atau hansip.

Satpol PP haruslah seorang Pegawai Negeri Sipil, dalam pengertiannya Satpol PP adalah lembaga yang melakukan penegakan Perda. Satpol PP yang berhak melakukan penertiban, menangkap dan memproses tindak pidana ringan (tipiring) sesuai dengan ketentuan.

830 Satpol PP yang berstatus tenaga honorer terancam dibuang. Bahkan, 825 di antaranya benar-benar terancam. Karena Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batam menyebut, tenaga honorer yang terdaftar secara resmi di BKD hanya 5 orang, sisanya 825 orang tak terdaftar. seperti dikutip Batampos.co.id


Banyaknya Satpol PP kontrak dan honorer di kabupaten/kota, khususnya di Batam, Agung tidak mau berkomentar banyak. Ia juga mengaku tidak tahu mengenai kontrak yang ada. Tetapi ia menegaskan akan melakukan pemeriksaan terkait kontrak-kontrak tersebut.

Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan mempertanyakan adanya 825 tenaga honorer Satpol PP di lingkungan Pemerintah Kota Batam yang direkrut tanpa dasar hukum. Padahal, sesuai aturan, Satpol PP harus berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments