Terlalu Banyak Duduk Naikkan Risiko Kanker


Kanker merupakan penyakit yang kompleks dan banyak penyebabnya. Termasuk faktor genetik, lingkungan dan gaya hidup. Terlalu banyak duduk juga menjadi salah satu faktor,’’ kata peneliti Daniel Schmid, seperti dilansir laman Lainfo.es.
Sudah pernahkah menghitung berapa lama waktu dalam sehari yang Anda habiskan untuk duduk. Mulai dari bekerja di kantor, menonton TV hingga membaca buku umumnya dilakukan sambil duduk. Terlalu lama duduk telah lama ditengarai dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Dari beberapa studi diketahui, orang yang menghabiskan banyak waktu dengan duduk pasif seperti menonton TV, didiagnosis menderita kanker kolon atau endometrium.

Schmid menganalisa 43 studi yang melibatkan sekitar 69.000 pasien kanker. Untuk setiap dua jam waktu duduk, risiko terkena kanker kolon naik 8 persen dan kanker endometrium sekitar 10 persen. Risiko terbesar ternyata dialami oleh mereka yang duduk menonton TV daripada duduk untuk bekerja. ‘’Ini karena saat menonton TV kita biasanya mengonsumsi makanan tidak sehat atau merokok,’’ katanya.
Risiko Kanker
Gaya hidup yang kurang bergerak sudah sejak lama dikaitkan dengan penyakit kronik seperti diabetes dan penyakit jantung, serta kanker. Menghabiskan waktu dengan terlalu banyak duduk juga dapat memicu penyakit kanker yang disebabkan oleh obesitas. Namun, bisa saja ada alasan lain yang lebih spesifik yang belum diketahui mengenai hal ini.

Dalam penelitian ini masih kurang dijelaskan sebaiknya berapa lama waktu ideal duduk yang disarankan. Tapi, sebagai langkah awal sebaiknya Anda melakukan olahraga rutin dan mengonsumsi makanan bergizi dan berserat agar kesehatan tubuh tetap terjaga.
Iklan Anda Have you ever dreamed to live in Vanuatu? Well, your dreams may come true! Visit the site https://vrp-mena.com/lang/index.php to learn how it is possible. Musical Source provides the most up-to-date information on synthesizers for sale at Amazon in the UK. For more details visit this site: https://www.musicalsource.co.uk/synthesizers.php

Artikel Menarik Lainnya :

Loading...

Disqus Comments
© 2017 lintas berita - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger