Surat Terbuka Rieke: Tagih Janji Kesehatan Jokowi

Surat Terbuka Rieke: Tagih Janji Kesehatan Jokowi
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rieke Diah Pitaloka paparkan nama pasien yang meninggal karena buruknya pelayanan jaminan kesehatan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Daftar nama itu diberikan Rieke untuk Presiden Joko Widodo dalam surat terbukanya sebagai bentuk kritik kebijakan kesehatan yang belum terealisisasi. 
Pasien meninggal yang ditulislan Rieke antara lain Ananda Jaelani, penderita Artesia Bilier (AB) yang harus melalui tahapan screening sebnayak 4 kali dan harus membayar Rp 15 juta. Pasien AB, Alfariel Zikri Azhar (1), baru masuk Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), tapi tidak diberikan kamar karena ICU penuh.

Selain itu, penderita AB, Raehan Nur Ziabno (2), yang sejak 2013 menjalani perawatan di RSCM. "Ayahnya tidak kerja, sedangkan Ibu bekerja sebagai pengupas kerang," terang Rieke dalam surat terbukanya untuk Jokowi.

Terakhir, Rieke mencatat pasien penderita AB lainnya yang meninggal pada Ahad (22/3), yakni Ananda Muhamad Fahri Al Jaelani. "Maafkan atas perjuangan yang belum tuntas ini. Semoga kepergianmu (pasien meninggal) membuka gembok ketidakpedulian kekuasaan terhadap penderita Artesia Bilier," tulis Rieke dalam surat terbukanya.
Surat Terbuka Rieke: Tagih Janji Kesehatan Jokowi

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments