-->
loading...

Massa Kilogram Standar Menyusut! Perlu Redefinisi Kilogram

loading...
Pada saat kita menimbang sesuatu kita menyatakan hasilnya dengan kilogram. Ternyata, dibandingkan waktu-waktu yang lalu, nilai 1 kilogram sekarang telah berkurang. Dengan kata lain, 1 kilogram sekarang lebih sedikit dibandingkan 1 kilogram pada waktu yang lalu.

Sebagai sebuah benda fisik, logam paduan dari bahan platinium iridium yang tersimpan di Sevre, sebuah kota dekat Paris di Perancis, yang dijadikan sebagai standar ukuran massa yang kita sebut kilogram, pelan-pelan tergerus oleh waktu. Kini artifak ilmu pengetahuan itu mulai kehilangan sebagian massanya. Artinya, nilai kilogram kita sekarang telah berbeda dengan nilai kilogram terdahulu.

Beberapa ilmuwan internasional telah mengonfirmasi penyusutan massa kilogram standar tersebut dan berharap agar standar untuk satuan massa itu segera didefinisikan ulang. Jika selama ini, satu kilogram kita definisikan berdasarkan pada benda fisik, maka kita berharap definisi baru tersebut tidak didasarkan lagi pada benda fisik, tetapi didasarkan pada konstanta fisika yang bersifat universal sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh waktu.
------- IKLAN ANDA DISINI ---------

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments