89 Ribu Ha Kelapa Inhil Kritis

Perkebunan kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir yang pernah menjadi primadona memerlukan perhatian ekstra. Dari data Dinas Perkebunan Provinsi Riau diketahui 89.030 hektare (Ha) perkebunan kelapa di beberapa daerah di Indragiri Hilir tergolong kritis.

Poin tersebut menjadi sorotan, karena jika hal itu tidak diantisipasi, dapat menyebabkan terganggunya pengembangan dan kelangsungan sub sektor perkebunan kelapa di Inhil. Secara tidak langsung dapat mengancam mata pencaharian petani dan angka kesejahteraan masyarakat.

Hal itu terungkap dalam kegiatan sosialisasi peremajaan komoditas kelapa di aula Kantor Camat Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, akhir pekan lalu. Kegiatan tersebut dihadiri, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Drs Zulher MS, Perwakilan Disbun Inhil Yusran, pihak Kecamatan Mandah dan puluhan petani dari perwakilan petani kelapa.

Zulher menilai, komoditas kelapa merupakan salah satu produk unggulan Provinsi Riau. Namun ancaman terhadap kelangsungan komoditas ini tergolong besar seperti tanaman yang tidak produktif, intrusi air laut hingga biaya transportasi dan perawatan yang semakin mahal.

''Untuk itu harus dapat segera melakukan replanting (peremajaan) terhadap lahan yang tergolong kritis dan tidak produktif. Inhil sebagai salah satu daerah penghasil kelapa harus dibuat menjadi grand design khusus untuk pengembangan berkelanjutan,'' ulasnya.

Ia menilai, proses peremajaan yang dimaksud adalah melakukan penebangan terhadap kebun kelapa yang rusak, tidak produktif dan menanam kembali dengan komoditas yang sama dan lebih berkualitas. Langkah itu nantinya akan menghasilkan komoditas baru yang berkualitas dan berdaya ekonomis tinggi. Baca Selengkapnya.... : http://riaupos.co/52646-berita-89-ribu-ha-kelapa-inhil-kritis.html
Iklan Anda Have you ever dreamed to live in Vanuatu? Well, your dreams may come true! Visit the site https://vrp-mena.com/lang/index.php to learn how it is possible. Musical Source provides the most up-to-date information on synthesizers for sale at Amazon in the UK. For more details visit this site: https://www.musicalsource.co.uk/synthesizers.php

Artikel Menarik Lainnya :

Loading...

Disqus Comments
© 2017 lintas berita - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger