Pasang Iklan Anda Disini

Tradisi Potang Balimau Turut Diramaikan Bupati Rohul

Loading...
Sebanyak ribuan masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) turut meramaikan tradisi Potang Balimau menjelang bulan Ramadhan 1435 Hijriyah dipusatkan di Water Front City Batang Lubuh Pasirpengaraian, Sabtu (28/6/2014) sore.

Tradisi tahunan biasa dilaksanakan satu hari masuknya bulan Ramadhan di Water Front City turut diramaikan oleh Bupati Rohul Drs. H. Achmad, Wakil Bupati Rohul Ir. H. Hafith Syukri MM, Sekdakab Rohul Ir. Damri Harun MM, unsur Forkompinda, tokoh adat, tokoh agama dan ribuan masyarakat.

Sebelum acara digelar, para pejabat sengaja jalan kaki dari Masjid Jami' Desa Babussalam menuju lokasi acara. Tradisi ini sudah dilakukan sejak lama oleh masyarakat sehingga harus terus dilestarikan.

Saat acaranya, Bupati Rohul turut menyalurkan bantuan kepada anak yatim piatu, sekaligus ikut memandikan mereka dengan air perasan jeruk dicampur berbagai wangian.

Bupati Rohul pada sambutannya berharap tradisi Potang Balimau bisa dilestarikan sehingga menjadi salah satu kekayaan daerah dan menjadi salah satu tujuan obyek wisata di Negeri Seribu Suluk.

"Diharapkan, dari kegiatan ini dapat membersihkan serta mensucikan hati dan bathin sebelum memasuki bulan puasa. Semoga Allah menerimanya," kata Bupati Achmad.

Bupati menuturkan, berarak dari Masjid Jami' ke lokasi merupakan tradisi sejak lama. Jika hal itu dianggap biasa oleh masyarakat lokal, namun bagi banyak orang yang melihat hal itu menjadi sesuatu yang luar biasa. Menurutnya, hal itu berpotensi menjadi obyek wisata menjelang puasa.

"Kita berharap suatu kegiatan seperti ini menjadi tujuan wisata di Indonesia. Sehingga yang ada sekarang harus ditata dan dilestarikan, termasuk penataan obyek wisata," jelas Bupati dan meminta pedagang di Water Front City bisa menonjolkan kuliner khas Rohul........ Selengkapnya : http://rohulnews.com/berita_dtl.php?id=7020&c_jns=12
Iklan Anda

Artikel Menarik Lainnya :

Loading...

Disqus Comments
© 2017 lintas berita - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger